Mengapa diadakan Lomba SEO UNEJ 2015

Universitas Jember senantiasa berusaha meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya, salah satu upaya untuk mendukung berjalannya proses tersebut adalah dengan mengikuti pemeringkatan yang dilakukan oleh pihak ketiga selain Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Salah satu pemeringkatan tersebut adalah The Ranking Web atau biasa disebut Webometrics (www.webometrics.info). Pemeringkatan Webometrics diselenggarakan oleh Cybermetrics Lab, sebuah tim riset dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) sebuah lembaga penelitian publik terbesar di Spanyol. CSIC berdiri sejak 2006 dan memiliki 126 pusat penelitian di seluruh Spanyol. CSIC ini juga merupakan salah satu organisasi penelitian pertama Eropa. Pemeringkatan ini diikuti oleh sekitar 20.000 perguruan tinggi di seluruh dunia.

Kriteria penilaian Webometrics adalah :

  • Visibility (50%)

Impact, adalah kualitas tautan eksternal dari web lain yang data visibilitynya memanfaatkan sajian data dari Majestic SEO dan Ahrefs.

  • Activity (50%)

Terdiri dari 3 Indikator

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), dan termasuk rich files lainnya.

Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website perguruan tinggi yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan 2 kali setiap tahun pada bulan Januari dan Juli. Salah satu strategi meningkatkan peringkat Webometrics adalah dengan menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO) pada website di lingkungan Universitas Jember.

Guna terus meningkatkan prestasi melalui pemeringkatan Webometrics ini, maka strategi yang diambil adalah menerapkan teknik Search Engine Optimization (SEO) pada website di lingkungan Universitas Jember. UPTTI Universitas Jember menjalankan strategi tersebut melalui pelatihan optimalisasi website jurusan dan unit kerja. Guna mengawal pengaplikasian Search Engine Optimization (SEO) pada website di lingkungan Universitas Jember diperlukan adanya stimulus. Stimulus tersebut diwujudkan dalam bentuk kompetisi SEO agar Universitas Jember mendapatkan backlink yang lebih banyak sehingga dapat meningkatkan peringkat webometrics secara keseluruhan.

4 thoughts on “Mengapa diadakan Lomba SEO UNEJ 2015”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">